Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Jangan dipikirkan Terus




Assalamualaikum Wr. Wb

    Pada postingan ini aku ingin berbagi sedikit inspirasi. Yang mana ini juga catatan serta nasehat bagiku sendiri dan buat teman-teman pembaca sekalian. Semoga berkah dan menginspirasi ya, Amin.

   Postingan ini merupakan lanjutan dari postinganku yang udah lalu, yaitu tentang masalah. Ya, dan postingan ini temanya juga gak jauh dari masalah.

Baca juga : "Masalah"

   Semua orang pasti punya masalah. Yang mana masalah itu juga tak pernah lepas dari semua sudut kehidupan kita sehari-hari. Dan adapun masalah itu selalu ada di tiap kehidupan kita yang pastinya gak jauh dari lingkungan sekolah, kuliah, kerja, serta lingkungan masyarakat. Bahkan datangnya juga selalu tiba-tiba tanpa kenal waktu.

    Sebagai contoh adalah saat kuliah. Saat seorang mahasiswa diberi tugas yang banyak oleh dosen atau diberi tugas yang sulit. Biasanya pasti ada yang mentalnya langsung down, mengeluh dan udah mengeluh kemudian hanya dipikirkan terus tanpa dikerjakan terlebih dahulu.

  Memang ada sih orang yang berhasil memecahkannya. Tapi ada juga yang galau memikirkan masalahnya, sampai-sampai melamun di bawah pohon dan tau-tau kemudian kesurupan (hahaha...maaf becanda). Tapi memang benar juga, kalo galau terus melamun ya bisa benar-benar kesurupan. Jadi ya, wajib diusahakan jangan galau. 

   Maksudnya adalah ada orang yang bila dapat masalah dia hanya berpikir tapi tidak dikerjakannya. Yang ada malah ditunda, dan selalu menganggap tugas tadi atau masalahnya itu sulit untuk dikerjakan. Semakin ditunda, semakin menumpuk di pikiran kita. Semakin menumpuk maka makin banyak juga dalam pikiran kita.

   Mau melakukan kegiatan lain, tapi masih kepikiran. Karena itu sulit, jadi pekerjaannya ditunda. Dan selanjutnya akan begitu terus bila kerjaan tersebut ditunda lalu dialihkan ke kegiatan lain maka bayangan kerjaan tadi akan terus mengikuti. Sehingga membuat seseorang jadi galau.

    Ya, setidaknya sedikit tips yang bisa aku bagikan adalah kerjain dulu itu tugasnya dikit. Cicil aja terus dikit-dikit dan lama-lama juga jadi bukit (pepatah lama). Dan yang pastinya jangan ditunda dan dipikirin terus. Soalnya bila udah mulai menjalankannya, lama-lama juga hilang itu yang namanya kegalauan. Seiring waktu berlalu dan kita manfaatkan untuk menyicil sedikit demi sedikit hingga akhirnya tugasnya selesai.

   Oke jadi gini, memikirkan masalah itu boleh-boleh aja tapi pikirkan solusi atau gimana caranya biar kita bisa ngelewatin masalahnya. Bukan dihindari atau dipikirkan terus karena masalah itu sulit. 

    Semakin kita pikir itu sulit, maka pikiran dan perasaan kita juga akan beranggapan bahwa tugas tadi juga sulit. Maka dari itu, memikirkan masalah itu boleh tapi pikirkan solusinya dan bukan menghindari atau berpikir sulit.

   Bila kamu butuh bantuan juga, silahkan minta bantuan teman-teman sekitarmu jika ada sedikit bagian yang bisa dibilang bagian masalah itu sulit untuk kamu. Jadi kamu juga bisa minta pendapat dan masukan tentang bagaimana pemecahannya.

  Masalah itu sebenarnya, tantangan buat kita. Masalah itu juga bisa dibilang sebagai proses belajarnya kita. Sebab, masalah itu ada biar kita makin kuat dan terlatih. Jadi ya, jangan berpikir masalah itu sulit, nanti jadi beneran sulit. Tapi berpikirlah itu mudah, dan cari solusinya.

    Dan yang paling terakhir, bila punya masalah diupayakan untuk berdoa pada Yang Maha Kuasa. Karena semua ilmu itu berasal dari-Nya. Dan Dia-lah yang Maha Luas dan Maha Mengetahui. Jadi, berdoalah agar urusannya dimudahkan dan selalu diberi petunjuk. Amin.

Baca juga : "Memperbaiki Diri"

   Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasanku tadi dan bisa diikuti untuk belajar adalah sebagai berikut:

  1. Jangan ditunda.
  2. Kerjakan sedikit demi sedikit.
  3. Bila kesulitan, bisa minta pendapat dan masukan dari teman.
  4. Pikirkan bahwa masalah itu mudah.
  5. Berdoa pada Tuhan (Allah SWT).

      Alhamdulillah untuk postingan artikelku kali ini. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang udah mau baca, Amin.

     Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018