Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Masalah



Masalah


       Assalamualaikum Wr. Wb

      Bismillahirramhanirrahim. Pada postingan ini aku ingin berbagi catatan buat kamu yang sedang baca postingan ini. Semoga bermanfaat ya.    
   
       Biasanya kita hidup, tidak pernah luput dari masalah. Masalah itu biasanya kebanyakan bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang menakutkan bagi mereka. Karena hal tersebut berdampak merugikan atau meyulitkan siapapun dalam menggapai setiap tujuannya masing-masing. Yang pastinya setiap orang pasti berharap, tiap tujuannya bisa berjalan mulus. Tapi, ya tetap saja akan ada hal yang menghambat.

      Jadi, masalah itu pasti akan selalu ada di setiap lika liku kehidupan kita sendiri. Hal itu merupakan pelengkap dan warna warni kehidupan kita. Saat kita melakukan sesuatu, pasti ada masalah. Biasanya masalah itu akan membawa seseorang ke tahap kegalauan yang lumayan tinggi bila terpikirkan akan masalahnya sendiri. Pokoknya sesuatu yang ingin kita tuju, pasti melalui proses untuk menggapainya. Dan dalam proses tersebut pasti ada masalah yang akan datang melanda. 

           Saat melangkah, ibaratnya kita pasti pernah terjatuh. Bisa jadi kita jatuh akibat kesandung batu, menginjak lubang, dan lain-lain. Tentunya semuanya tidak semulus yang kita bayangkan saat melangkah. Akan tetapi, jika kita mau belajar maka kita akan punya motivasi gimana sih caranya biar kita tidak akan jatuh lagi bahkan gimana caranya biar kita sampai tujuan. Tapi, jika kita menyerah akibat banyak terjatuh maka kita akan berhenti dan kehilangan arah. Kita hanya terhenti dan tidak melakukan apa-apa, dan semoga kita bukan termasuk orang bertipe seperti ini, Amin.   

           Jika kita dapat masalah, kemudian menghindarinya itu biasanya akan terus membuat kita takut untuk melangkah. Hingga tidak ada motivasi untuk melanjutkan. Kesimpulannya ya, kemampuan kita hanya sebatas itu-itu saja alias gak ada upgrade sama sekali.

           Akan tetapi, jika kita berusaha untuk mencari solusi maka itu akan menjadi sesuatu hal yang berkesan luar biasa. Karena hal tersebut sudah terlewati, jadi semua hanya jadi sejarah yang terlewat. Jika sudah pernah melewati masalah tersebut, tentunya kita juga bisa membantu orang sekitar kita untuk menyelesaikan masalah serupa. Tentu saja bila sudah selesai menyelesaikan suatu masalah, maka kita dianggap sukses.

       Saat kita beristirahat sejenak, kemudian tenangkan pikiran, lalu pikirkan dan rasakan baik-baik. Semakin kita selami, tentunya nanti akan kelihatan bahwa di balik masalah itu ada kekuatannya. Sebenarnya di balik masalah itu, ada suatu proses mengasah diri. Semakin banyak masalah, tentunya otak akan terus berpikir gimana penyelesaiannya? Dan tentunya dengan terus berpikir akan mengasah kemampuan kita untuk memecahkan masalah sendiri, bahkan kemampuan kita juga terus menerus akan bertambah seiring banyaknya masalah yang sudah dilewati.

      Bukan hanya dengan berpikir juga, tapi aksi juga perlu. Selanjutnya adalah mengerjakan atau melakukan solusi yang tadi kita pikirkan. Bila hanya dipikirkan, maka tetap saja masalah itu akan membuat kita punya beban pikiran. Berpikir akan solusi hingga melakukannya tentunya akan membantu kita menjadi makin bijaksana dalam melangkah.


          Kesimpulannya adalah dengan adanya masalah, itu sebenarnya bukan hambatan untuk kita. Melainkan itu untuk kita melatih diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Semakin banyak masalah, tentu akan semakin terus menerus mencari solusi dan beraksi mengatasi masalah tersebut. Selesai suatu masalah, itu akan menjadi pengalaman. Dan pengalaman itu yang membentuk kebijaksanaan kita.



Walaikumsalam Wr. Wb.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018