Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Mengenal Diri Sendiri





Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada postingan ini, aku ingin berbagi tentang motivasi diri. Yang mana catatan ini aku gunakan untuk nasehat bagi diriku sendiri dan bagi para pembaca pada umumnya. Dan jikalau kamu yang kenal aku di dunia nyata menemukan aku tidak sejalan dengan apa yang sudah aku tulis, maka tolong ingatkan aku agar aku bisa memperbaiki diri dan jadi lebih baik lagi.

Oke, langsung saja. Kenapa kita harus mengenal diri sendiri? Apa sih untungnya mengenal diri sendiri? 




Sebab harus Mengenal Diri
Mengenal diri sendiri itu sangat diperlukan karena sebenarnya kebanyakan orang bisa mengenal orang lain. Maaf mungkin pernah membicarakan seseorang, atau bahkan mengomentari orang tersebut. Adapun yang kita lihat dari orang tersebut tidak luput berupa kehidupannya sehari-hari, pola pikirnya, bahkan kelemahan dan kelebihan orang tersebut. Saking perhatiannya kita pada hidup orang lain, akhirnya kita lupa pada diri sendiri. Saat diri sendiri dikomentari orang lain atau teman-teman sendiri, terkadang kita marah atau mungkin kesal mendengar pendapat tersebut, mungkin karena apa yang dikomentari oleh orang tersebut terasa tidak sesuai pada diri kita sendiri.

Yang pastinya itu kan yang kamu rasain? Tapi janganlah hal tersebut membuat kamu menjadi kesal, cobalah untuk ambil positifnya aja sebagai pelajaran kamu biar kamu jadi lebih baik. Biasanya komentar dari teman-teman kita sendiri itu berupa kritik, mereka memberitahukan sisi lemah kamu dan terkadang memberikan masukan.

Cara Mengenal Diri
Kamu juga pasti pernah merasa tidak nyaman dengan tingkah teman kamu hingga kamu menegurnya agar tingkahnya tidak mengganggumu atau bisa membuatmu jadi nyaman bukan? Nah, itulah kritik dan pastinya temanmu juga akan melakukan yang sebaliknya. Jikalau kamu mendapat komentar dari temanmu saja kalimatnya terasa terbekas di hati kamu baik itu kalimat baik atau buruk, yah kira-kira seperti itulah yang mereka rasakan saat dapat komentar dari kamu. Dan jika itu memang benar, cobalah kamu terus berpikir bagaimana tingkahmu, kelakuanmu, ucapan, hingga perbuatan kamu di hadapan dengan teman-teman kamu, apakah itu semua bisa membuat mereka merasa nyaman dengan kamu, dan pastinya tidak semuanya mereka merasa nyaman. Saat kamu sudah dapat pemikiran seperti itu, cobalah untuk merubahnya. Belajarlah memahami orang lain, jika kamu sudah mengalami perasaan yang sama dengan mereka maka Insya Allah kamu juga sudah mulai bisa mengenal diri sendiri. Jadi, itulah cara untuk mengenal diri sendiri.

Manfaatnya
Mengenal diri sendiri sangatlah penting, karena itu juga akan berpengaruh untuk kehidupamu pada lembar yang baru. Kamu bisa menjaga sikap saat berhadapan dengan teman-teman kamu, bahkan dengan orang lain juga begitu. Semakin banyak kritik dan saran dari teman-temanmu maka makin banyak peluang kamu untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Dalam hidup kamu tentunya pasti akan lebih berhati-hati lagi. Kamu juga bisa belajar untuk mengerti perasaan orang lain, karena kebanyakan orang bertengkar sampai berkelahi atau bahkan yang lebih besar dari itu berawal dari mereka yang tidak saling memahami. O, iya bukan hanya itu saja, kritik itu ada yang baik dan buruk. Jikalau sebuah kritik itu mengandung kebaikan, silahkan kamu ambil. Bijaksanalah dalam memilah yang baik dan buruk.


Alhamdulillah, untuk postingan kali ini cukup sampai disini. Insya Allah, jikalau ada waktu dan kesempatan, saya akan berusaha membuat artikel-artikel baru yang bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih buat kamu yang udah mau baca postingan ini, semoga wawasan kamu bertambah dan kamu bisa lebih bijak lagi dalam menghadapi hidup ini. Jikalau ada yang salah atau kekurangan pada tiap postingan aku, silahkan kamu komentari. Demikianlah dan terima kasih.
Walaikumsalam Wr. Wb.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018